Nomor Tri Tidak Bisa Menerima SMS, Ini Solusinya

Nomor Tri Tidak Bisa Menerima SMS? Masalah ini sering terjadi pada pengguna kartu Tri yang mana tidak dapat menerima pesan singkat yang biasa disebut SMS. Masalah ini biasanya terkait pada perangkat HP yang digunakan pengguna itu sendiri. Sedangkan pengaruh dari jaringan operator Tri itu sendiri tidak terlalu sering terjadi.

Kemungkinan paling sering terjadi ialah terdapat masalah pada smartphone yang digunakan bukan pada operator Tri-nya. Penyebabnya seperti pada aplikasi pesan SMS yang bermasalah, HP-nya yang memiliki masalah pada hardwarenya, ataupun pada kartu SIM Tri itu sendiri, dan masalah-masalah lainnya.

Sebelum mencoba cara-cara ini, ada baiknya mencoba memasang kartu SIM Tri-nya pada smartphone lain atau HP khusus untuk komunikasi. Apabila nomor Tri-nya dapat menerima SMS di perangkat lain, maka kemungkinan besar perangkat yang digunakan saat ini sedang bermasalah.

 

Apa Penyebab dan Solusi Nomor Tri Tidak Bisa Menerima SMS?

 

Nomor Tri Tidak Bisa Menerima SMS

 

Lalu bangaimana cara memperbaiki nomor Tri yang tidak dapat menerima pesan singkat berupa SMS? simak baik-baik cara-cara dibawah ini, silahkan praktekkan sesuai kemampuan dan jangan mengambil resiko apabila tidak mengetahui akibatnya:

 

Pastikan Mengirim ke Nomor Tri yang Valid dengan Format Benar

Coba Kirim pesan tes ke teman atau keluarga dan tanyakan apakah itu berhasil terkirim atau tidak. Apabila tidak nomor tujuan tidak menerima pesan tersebut, pastikan nomor Tri-nya valid dengan format yang benar. Cek kembali nomor Tri-nya melalui dial UMB, SMS, atau Aplikasi bima+.

 

Mulai ulang ponsel (Restart)

Restart ponsel terkadang akan memperbaiki masalah seperti nomor Tri yang tidak bisa menerima SMS. Untuk me-restart telepon, ikuti langkah-langkah ini:

  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga menu muncul.
  • Ketuk Matikan, dan ponsel akan mati.
  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga ponsel nyala kembali.
ARTIKEL FAVORIT  9 Cara Hemat Kuota Internet

 

Operator Tri Mungkin Gangguan, Tunggu Beberapa Waktu Sampai Operator Tri Kembali Normal

Hal ini memang tidak sering terjadi di operator lain, namun ketika operator Tri sedang mengalami gangguan pasti akan muncul masalah-masalah yang akan dialami oleh pengguna kartu Tri. Seperti tidak dapat atau mengalami kendala dalam mengakses Internet, masalah telepon yang tidak dapat menerima maupun melakukan panggilan, tidak bisa menerima dan mengirim SMS, dan masalah lainnya.

Solusinya ialah cobalah menunggu beberapa menit atau beberapa jam hingga jaringan Tri kembali normal kembali. Mengingat operator Tri memang sering gangguan, entah itu maintenance, masalah jaringan Tri di area tertentu, overload pengguna Tri dan lain sebagainya.

 

Melepaskan dan Memasukkan Kembali Kartu Sim

Melepas dan kemudian memasang ulang kartu SIM mungkin saja dapat memperbaiki masalah ini. Selain itu cobalah juga untuk membersihkan slot SIM Card dan kartu Tri-nya itu sendiri.

 

Matikan Data Seluler

Mematikan fitur data internet terkadang dapat memperbaiki nomor Tri yang tak bisa menerima pesan SMS. Menonaktifkan fitur data seluler pada HP mungkin akan memperbaiki masalah ini.

 

Mengaktifkan kemudian Menonaktifkan Fitur Mode Pesawat

Fitur mode pesawat pada HP mungkin dapat membantuk masalah seperti nomor Tri tidak bisa menerima SMS. Dengan menyalakan kemudian mematikan kembali mode pesawat ini, jaringan Tri-nya dapat restart yang mungkin dapat menjadi solusi memperbaiki masalah tidak dapat menerima pesan SMS ini.

 

LIHAT Juga: Daftar Harga dan Paket SMS Tri All Operator

 

Atur Jaringan ke 3G

Menggunakan jaringan 4G memang memiliki banyak kelebihan, seperti kecepatan internet yang cepat namun perlu diketahui, untuk sebagian HP masih ada yang belum mendukung fitur untuk mengirim SMS, menerima SMS, panggilan telepon, dan sejenisnya pada jaringan 4G.

ARTIKEL FAVORIT  Paket Data Tri Mini, Kuota Hemat & Harga Murah

Bahkan ada beberapa perangkat yang memiliki masalah apabila fitur 4G LTE ini aktif dan perangkat tersebut digunakan untuk mengirim/menerima SMS, panggilan telepon, dan sejenisnya pada saat bersamaan.

Solusi untuk mengatasi hal ini, coba ubah jaringan ke 3G dengan cara:

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Pilih menu Jaringan Seluler.
  3. Kemudian buka Pengaturan Jaringan. Ganti pengaturan 4G ke 3G atau 3G Only.

 

Mulai Ulang Ponsel saya dalam Mode Aman/Safe

Restart yang dimaksud ini bukan restart seperti biasa, mulai ulang disini ialah restart dalam mode safe atau mode aman. Cara ini hanya dapat dilakukan pada HP tertentu saja, dan tiap HP caranya mungkin agak berbeda.

 

Menghapus Cache pada Aplikasi SMS

Hal ini mungkin dipicu karena masalah tertentu, misalnya data-data sementara yang tersimpan pada aplikasi SMS yang biasa disebut cache sudah tersimpan terlalu banyak atau ada masalah pada data cache ini. Cobalah untuk menghapus data caceh pada app SMS yang ada pada smartphone dengan cara berikut ini:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Kemudian, buka menu Aplikasi.
  3. Setelah itu, geser ke bawah, lalu cari aplikasi SMS atau Perpesanan yang digunakan.
  4. Buka menu Penyimpanan, kemudian tap tombol Hapus Cache.

 

Hapus Pesan di Kotak Masuk SMS

Kotak masuk SMS memang tidak memiliki batasan yang pasti. Semuanya tergantung dari kapasitas memori internal HP itu sendiri, itu berarti semakin besar kapasisitas memori suatu HP maka semakin banyak pesan SMS yang dapat ditampungnya.

Lalu bagaimana kalau memori HP sudah sangat penuh, namun dikirimi SMS dengan jumlah yang banyak? Nah, hal inilah yang kemudian membuat HP tidak dapat menerima pesan SMS, dikarenakan tidak ada ruang memori yang cukup untuk menyimpan SMS itu.

ARTIKEL FAVORIT  Paket Data Tri Kendo (Kenyang Download)

Solusinya, cobalah untuk menghapus data-data atau file sampah yang tidak digunakan. Coba gunakan aplikasi pembersih sampah yang ada pada smartphone atau mendownload di play store.

 

Lakukan Reset Setelan Pabrik (Factory Reset)

Ini solusi terakhir yang cukup beresiko karena akan menghapus keseluruhan data penyimpanan internal pengaturan HP. Pengguna dapat mereset semua pengaturan yang tersimpan di HP dengan melakukan Factory Reset termasuk data pribadi, maka dariitu sebelum melakukan reset pabrik backup dulu data-data pribadi yang penting.

 

BACA Juga: 32+ Paket Internet Tri Termurah di Kioser

 

Tips dan trik diatas hanya beberapa yang dapat memengaruhi HP, seperti factory reset dan mungkin reset cache mungkin juga sedikit berpengaruh. Apabila telah melakukan cara-cara diatas namun nomor Tri-nya masih belum dapat menerima SMS, silahkan hubungi langsung ke customer service Tri atau bawa HP-nya ke tempat servis resminya.

 

Beli Paket SMS Tri di Kioser

 

Nomor Tri Tidak Bisa Menerima SMS

 

Kioser sebagai layanan pembelian produk digital menyediakan beragam kebutuhan termasuk paket SMS dengan beragam nominal dengan harga murah. Download Aplikasi Kioser atau Akses langsung website resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *