9 Cara Hemat Kuota Internet

Cara Hemat Kuota Internet sebenarnya sangat mudah dilakukan karena ada banyak cara-cara untuk mengantisipasi banyaknya pemakaian kuota internet yang dipakai. Kioser akan memberikan kiat-kiat dalam menghemat data agar kuota internet Anda tidak cepat habis. Berikut sembilan cara untuk menghemat penggunaan kuota data seluler internet:

 

Cara Menghemat Data Seluler
Cara Menghemat Data Seluler

 

Berikut Cara Menghemat Data Seluler:

1. Jangan aktifkan penggunaan data untuk semua aplikasi

Cara Hemat Kuota Internet yang pertama ialah menonaktifkan penggunaan data seluler hanya pada aplikasi-aplikasi tertentu saja. Pada dasarnya seseorang hanya menggunakan 60-70% aplikasi yang ada di ponselnya. Bahkan ada beberapa yang bahkan pemilik smartphone tersebut tidak tahu apa dan fungsinya bangaimana. Jika belum aplikasi-aplikasi tidak terpakai itu, semua aplikasi ini diizinkan untuk melakukan akses data seperti mengunduh data ke ponsel kapan pun mereka mau. Buka pengaturan opsi pengaturan dan blokir penggunaan data aplikasi yang tidak digunakan.

 

2. Gunakan browser yang efisien dan hemat data

Kebanyakan orang menggunakan browser standar seperti Chrome, Browser bawaan (Samsung Browser, Mi Browser, atau Safari). Namun, tidak semua browser ini dioptimalkan untuk menghemat kuota. Browser seperti Chrome dirancang untuk desktop dan akan selalu bekerja ini itu. Disarankan mencoba aplikasi browser yang memiliki fitur hemat kuota.

 

3. Batasi penggunaan data setiap aplikasi

Jika telah menonaktifkan penggunaan data untuk aplikasi yang tidak digunakan, langkah selanjutnya adalah membatasi penggunaan data aplikasi yang digunakan. Tanpa sadar, banyak aplikasi yang masih berjalan bahkan saat sudah menutupnya. Baik melalui proses latar belakang atau tab tampilan, banyak aplikasi masih mengalirkan data setelah berhenti menggunakannya. Dengan menetapkan batas data untuk setiap aplikasi, pengguna tidak usah khawatir suatu aplikasi akan melampaui ambang batas tertentu dalam hal penggunaan data.

ARTIKEL FAVORIT  Cara Menjadi Reseller Online dengan Modal Kecil

 

4. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Banyak aplikasi berbasis cloud, seperti Dropbox, Google Drive, dan Todoist memiliki fungsi yang disebut sinkronisasi otomatis yang secara konstan memeriksa data yang ada di ponsel terhadap data yang ada di cloud. Jika tidak secara aktif menggunakan aplikasi seperti Dropbox, tetapi telah menginstalnya, coba menonaktifkan sinkronisasi otomatis yang akan menghentikan penggunaan data latar belakang aplikasi seperti ini

 

5. Gunakan mode pesawat saat tidak menggunakan smartphone

Paling baik digunakan sebagai pilihan terakhir, menyalakan mode pesawat bisa menjadi cara yang baik untuk menghentikan penggunaan data seluler. Sangat berguna jika ingin menghemat kuota terakhir untuk keadaan darurat. Mode Pesawat akan memblokir semua transfer data dari ponsel dan akan mengatur penggunaan data menjadi 0%.

 

6. Matikan telepon smartphone saat tidur

Jelas tidak bisa menggunakan ponsel saat tidur, jadi mengapa mengaktifkannya? Sepanjang malam, ponsel akan mentransfer data, terutama jika masih menjalankan aplikasi. Banyak orang menggunakan telepon mereka sebagai alarm tetapi lebih baik aktifkan mode Pesawat, jadi setidaknya lebih menghemat data kuota internet jadinya, kan?.

 

7. Hanya unduh pembaruan/update saat terhubung ke WiFi

Pembaruan atau update apliaksi adalah salah satu hal terbesar yang akan menghabiskan data seluler. Jika mengatur perangkat untuk hanya mengunduh pembaruan saat terhubung ke WiFi, peningkatan signifikan dalam penggunaan penghematan data dapat terjadi. Baik di Android dan iOS ada beberapa opsi yang dapat diaktifkan yang akan memerintahkan ponsel untuk hanya mengunduh pembaruan saat ponsel terhubung ke WiFi.

 

8. Gunakan aplikasi kompresi data

Jika mengirim dan menerima file data besar, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kompresi data. Musik dan video dapat menyerap banyak data jika mentransfernya tanpa mengompres. Jika mengompres file sebelum mengirim atau menerimanya, dapat menghemat banyak pada penggunaan data internet. Jika mengompres setiap bit data yang dikirim, secara teoritis dapat mengurangi konsumsi data hingga mendekati 50%.

ARTIKEL FAVORIT  Cara Beli Paket Tri Data Mini

 

9. Siapkan aplikasi untuk membeli kuota internet

Yang terakhir ini sebenarnya bukan tips menghemat kuota melainkan tips apabil kuota internet habis. Disaat yang genting, sudah menerapkan cara-cara diatas dan sisa kuota tinggal beberapa MB saja maka dibutuhkan aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan secepat dan semudah mungkin untuk membeli data seluler mengisi ulang kuota yang ada. Kioser hadir menawarkan layanan pembelian pulsa dan kuota internet dengan harga yang murah dan produk yang lengkap. Download Kioser di Playstore atau beli kuota langsung di web browser kioser.com.

 

Cara Hemat Kuota Internet
Beli Kuota Internet di Kioser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *