6 Cara Mengamankan Akun Online

Peretasan pencurian identitas, dan penipuan online sangat marak terjadi. Jika belum pernah menjadi korban pelanggaran, anggap saja diri juragan beruntung, tetapi jangan biarkan keberuntungan itu membuat berpuas diri.

Menjaga identitas data diri dan mengamankan aktivitas online benar-benar perlu dilakukan, mengingat dampak kerugian apabila tidak melakukannya terbilang mengerikan. Berikut beberapa tips aman bertransaksi di layanan daring dari BlogKioser:

Cara Mengamankan Akun Kioser

6 tips ini dibuat untuk mengajurkan juragan agar lebih aman dalam menjalani kehidupan online yang akan membantu menjaga dan mengamakan data-data pribadi termasuk akun online menjadi lebih aman.

1. Gunakan Kata Sandi “Unik” untuk Akun

Salah satu cara termudah menjauhkan diri dari peretas yang mencuri informasi adalah dengan menggunakan kombinasi kata sandi yang berbeda di tempat (akun) lain. Karena kenapa?

Sebagai contoh, katakanlah Aplikasi A telah diretas, dan peretas mendapatkan nama pengguna (nomor HP) dan kata sandi juragan. Peretas mungkin mencoba masuk ke situs perbankan atau layanan lain yang menggunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi yang sama.

Satu-satunya cara terbaik untuk mencegah pelanggaran data denga memiliki efek domino ini adalah dengan menggunakan kata sandi unik untuk setiap akun online yang juragan miliki.

2. Gunakan Kunci Kode (PIN) Sekalipun itu Opsional

Terapkan kunci kode sandi di mana pun layanan online bila ditawarkan, meskipun itu opsional. Misal di layanan Kioser membutuhkan PIN untuk melakukan transaksi, sebagai “tembok pertahanan terakhir” dari peretas akun yang berakibat saldo dikurasi habis olehnya.

3. Bersihkan Cache

Jangan pernah meremehkan cache browser maupun aplikasi mobile. Cookies yang disimpan, pencarian yang disimpan, dan riwayat/history dapat menunjuk ke alamat, informasi pribadi, dan data penting lainnya.

ARTIKEL FAVORIT  6 Tips Menjadi seorang Reseller Online

4. Matikan Fitur ‘Simpan Kata Sandi’

Ada banyak layanan online yang menawarkan semacam solusi pengelolaan kata sandi. Lebih baik menyerahkan perlindungan kata sandi kepada yang ahil sebagai pengelola kata sandi, paling tidak akun google mungkin?

5. Jangan Mudah Terpancing “Clickbait”

Jangan sembarangan memasukkan data pribadi termasuk kata sandi, email, nomor HP di layanan online. Tautan phishing mungkin saja dapat menyebabkan malware yang mengunduh dan menginfeksi perangkat juragan secara otomatis.

6. Jelajahi Alat Keamanan yang Dipasang

Memang banyak aplikasi dan pengaturan yang membantu melindungi perangkat dan identitas juragan, tetapi semua itu hanya berharga jika tahu cara menggunakannya dengan benar.

Banyak orang mengaktifkan fitur keamanan atau menginstal perangkat lunak keamanan dan kemudian tidak pernah menjelajahi pengaturannya, atau bahkan mencoba layanan untuk melihat cara kerjanya.

Apa gunanya sebuah aplikasi keamanan atau pengaturan keamnan khusus kalau belum tahu cara pakainya bahkan mengaktifkannya dengan benar?

Itulah tadi beberapa tips untuk mengamankan akun online termasuk Kioser dari para peretas yang berusaha meretas akun demi mendapatkan benefit didalamnya seperti saldo, data pribadi, akses data penting dan unsur-unsur keamanan penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.