8 Manfaat Sedekah yang Wajib Kamu Tahu!

Tangan yang diatas lebih baik dari pada di bawah. Sepotong kalimat itu mengingatkan kita betapa pentingnya memberi. Jika kita termasuk seseorang yang mampu memiliki posisi, harta yang cukup banyak. Kita perlu memberi sedekah. Memberikan sebagian harta kita kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Manfaat sedekah kembali keumat yang melakasanakan untuk saling membantu sesama adalah sebuah kebaikan yang murni. Konsep sedekah, berkorban, dan salah satunya adalah sedekah religius, yang selain mendekatkan diri dengan Tuhan tapi juga mempererat silaturahmi dengan sesamanya.

 

Manfaat Sedekah

 

Sedekah bukan hanya sekedar memberikan harta bagi yang membutuhkan, namun manfaat sedekah yang lebih luas akan terasa pada orang yang melakukan hal ini sebagai berikut:

1. Memperkuat iman

Ibadah adalah sarana yang berarti pengabdian yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Tuhannya. Amal dalam beragama merupakan salah satu perintah bagi umat Islam. Beramal dengan niat beribadah demi Tuhan akan menumbuhkan rasa iman kita kepada Tuhan. Ini seperti manfaat sedekah yang diajarkan dalam Islam.

2. Meningkatkan empati sosial

Konsep sedekah pada intinya adalah memberikan materi mapun imateriil yang baik bagi masyarakat yang lebih membutuhkan.Bagi mereka yang bersedekah semata-mata untuk bantuan kepada orang-orang yang membantu melatih empati kita terhadap orang lain. Hal lain yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa empati adalah dengan memanfaatkan sosiologi dalam kehidupan.

3. Terhindari dari materialisme

Apalagi untuk bersedkah menjadikan kita harus berani mengurangi apa yang kita dapatkan untuk kebaikan orang lain. Ada baiknya kita tidak menjadi orang “gila” yang tidak rela hartanya diberikan secara cuma-cuma kepada orang lain.
Ciri tersebut adalah nilai tanaman dari materialisme yang akan membuat kita hanya memikirkan kebahagiaan duniawi. Karenanya perlu adanya kebiasaan yang menjauhkan kita dari nilai-nilai materialisme, dan dengan manfaat sedekah adalah salah satunya.

ARTIKEL FAVORIT  Harga Produk Kioser Sudah dibuat Khusus Jualan!

4. Syukur kepada Tuhan

Manfaat sedekah turut mengingatkan kita bahwa apa yang kita dapatkan adalah kenikmatan yang tidak lepas dari ijin Tuhan. Itu adalah bentuk rasa syukur karena perlu membagi kesenangan yang kita miliki kepada orang lain yang kurang beruntung.

5. Melatih pikiran positif

Bagi orang yang bersedekah dengan sukarela tidak akan ada kekhawatiran baginya. Manfaat positif tentang sedekah ini, akan membuat otak berpikir bahwa apa yang telah dilakukannya itu akan memberikan manfaat jangka panjang.

6. Terhindar dari sifat kikir

Ini adalah salah satu sifat buruk yang perlu dihindari. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan juga makhluk sosial, kita tidak boleh sombong menganggap bahwa apa yang di dapat itu karena usahanya sendiri.
Ketahuilah nasib kita, baik atau buruk pasti terikat campur tangan Tuhan dan tidak menutup kemungkinan ada gangguan yang mempengaruhi orang lain. Karenanya, manfaat sedekah akan mengingatkan kita untuk tidak memiliki sifat pelit.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menariknya, bersedekah berpengaruh pada kesehatan kita. Berbeda dengan manfaat buah atau sayur yang biasa dikonsumsi, menurut penelitian dengan melakukan sesuatu yang positif bagi orang lain seperti sedekah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mendapat perasaan bahagia

Dengan bersedekah akan mendatangkan kebahagiaan. Dengan membelanjakan kekayaan di jalan kebaikan untuk membantu orang lain akan mendorong produksi hormon kebahagiaan di otak kita.

 

Transaksi sama Dengan Bersedekah di Kioser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *