7 Tips Amankan Kata Sandi Akun

Password adalah garis pertahanan pertama terhadap banyak “penyakit” di internet, tetapi hanya sedikit orang yang memperlakukannya seperti itu: Apakah itu karena rasa malas atau tidak peduli dengan keamanan kata sandinya. Padahal kata sandi sangat perlu dijaga baik-baik, disamping pengaman akun online lainnya seperti OTP, Pertanyaan Keamanan, dan fitur-fitur keamanan online lainnya.

7 Langkah untuk Melindungi Kata Sandi agar Lebih Aman

Tips Amankan Kata Sandi Akun Online
sumber: https://kioser.com/

Jangan menganggap tips berikut sebagai saran. Anggap saja sebagai saran yang sangat penting, sama pentingnya dengan melakukan kegiatan rutin kehidupan, mengingat hampir semua akun online menggunakan kata sandi untuk masuk kedalamnya/mengaksesnya.

7 Tips Amankan Kata Sandi Akun Online

1. Gunakan pengelola kata sandi

Pengelola kata sandi yang baik, dapat menciptakan kata sandi yang kuat dan unik untuk semua akun. Itu berarti bahwa jika salah satu kata sandi “ketahuan”, si peretas itu tidak akan memiliki kunci untuk sisa layanan daring lainnya yang juragan miliki. Yang terbaik menyinkronkan di desktop dan seluler, dan yang memiliki fitur autocomplete. Sekarang, daripada harus menghafal lusinan kata sandi yang dibuat dengan cermat, hanya perlu mengingat satu kunci utama.

2. Kata sandi panjang

Terlepas dari semua karakter unik dan huruf besar, kata sandi yang panjang lebih penting daripada kompleksitas. Setelah masuk ke kisaran 12-15 karakter, itu menjadi jauh lebih sulit bagi peretas untuk memaksa, apalagi menebak, kata sandi.

3. Gunakan kombinasi password unik

Jika menggunakan karakter khusus pada kata sandi maka itu pilihan yang tepat. Jangan memakai kata sandi yang mudah seperti tanggal lahir, nama, kata berulang ataupun kombinasi kata sandi lainnya yang mudah tertebak.

4. Ubah secara berkala

Konon manajer TI perusahaan mengubah kata sandi setiap bulannya?. Memang Semakin jarang mengubah kata sandi, semakin kecil kemungkinan untuk melupakannya, namun semakin besar kemungkinan untuk ketahuan.

ARTIKEL FAVORIT  Sedekah dan Berdonasi pakai Aplikasi Kioser

5. Satu kata sandi untuk satu akun

Jika menggunakan pengelola kata sandi, semuanya menjadi lebih mudah. Tetapi jika Anda tidak dapat diganggu, setidaknya pastikan bahwa Anda tidak menggunakan kembali kata sandi di berbagai akun. Jika Anda melakukannya, pelanggaran pengecer yang tidak dapat Anda kontrol bisa berakhir dengan kata sandi perbankan Anda.

6. Jangan percayai browser

Cara pintas yang nyaman untuk mengingat semua kata sandi tersebut, atau mendapatkan akun pengelola kata sandi  adalah membiarkan browser mengingatnya. Mungkin juragan telah menggunakannya di setidaknya lebih dari satu layanan online. Opsi ini memang nyaman, tetapi keamanan yang mendasarinya belum bisa terlalu dipercayai, dan itu tidak benar-benar mengamankan kata sandi dengan baik.

7. Tambahkan keamanan lapis kedua (kode transaksi PIN Kioser)

Memang ribet, tetapi zaman sekarang ini bahkan kata sandi tidak cukup. Banyak layanan yang juragan gunakan saat ini — jejaring sosial, bank, Google, dan sebagainya — menawarkan lapisan perlindungan tambahan. Itu bisa datang dalam bentuk kode yang dikirim ke ponsel melalui SMS, seperti OTP di Kioser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.